• Breaking News

    Friday, September 18, 2015

    Rindik, Musik Instrument Bali yang Menenangkan Hati

    rindik balinese intrument


    Rindik merupakan salah satu gamelan tradisional Bali yang sangat saya gemari, bahkan teman saya yang berasal dari daerah lainpun sangat tertarik mendengarkan musik ini.


    Terbuat dari bambu
    Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan alat musik ini adalah bambu dan tidak sembarang bambu bisa digunakan untuk membuatnya.

    Bambu yang digunakan adalah bambu khusus jenis tertentu yang bisa menghasilkan suara merdu nan cantik, sehingga akan membuat orang yang mendengarkan menjadi senang.
    #Suara-suara alam yang menentramkan hati

    Suara yang mendamaikan hati
    Pemukul yang digunakan adalah karet, terutama karet dari ban bekas sehingga akan menghasilkan suara yang lembut dan tidak keras. Karet ini kemudian ditusuk dengan bambu yang kemudian akan dipegang oleh sang pemain.


    pemukul rindik

    Jadi sekeras apapun rindik ini dipukul, tidak akan pernah menghasilkan suara yang melengking berkat penggunaan karet pada pemukulnya.



    Suara yang lembut dan membuat damai


    Inilah yang membuat instrument ini sangat cocok didengarkan ketika menikmati suasana santai di rumah sambil minum kopi atau mengobrol dengan teman-teman.


    Digemari turis asing
    Paman saya di rumah sangat jago sekali dalam bermain rindik ini, pukulan kedua tangannya yang terlihat tidak beraturan ini berhasil menghadirkan suara merdu dan indah.

    Para turis asing yang berkunjung ke rumah pun sering disuguhi permainan rindiknya dan mereka ternyata sangat menikmati alunan suara yang keluar dari setiap potongan bambu tersebut.

    Dipentaskan ketika ada acara nikahan
    Jika kebetulan anda pernah ke Bali dan menghadiri suatu acara pernikahan, sangat sering rindik digunakan sebagai pengiring acara resepsinya.

    Suara lembutnya menambah suasana bahagia dari kedua mempelai yang sedang dikunjungi oleh berbagai macam tamu dalam pesta tersebut.
    #Dikunjungi tamu malah dapat uang, Mau???



    Yuk, Langsung nikmati saja!!
    Daripada semakin penasaran saja, ada baiknya anda nikmati musik keren ini di youtube. Saya akan memberikan satu link dimana anda bisa mendengarkan rindik dan merasakan bagaimana irama lembutnya membuai anda semua.

    Ok, sudah siap??? Nah silahkan kunjungi link dibawah ini dan nikmati permainannya :
    Link video youtube : https://www.youtube.com/watch?v=nSkeW7bMo8A


    Baca juga ya :

    1. Musik keren yang harus disukai orang Indonesia
    2. Manfaat penting membuat playlist pada smartphone anda

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel